Sabtu, 08 Desember 2012

Pertemuan ke-enam ( 7 November 2012)
  1. Mengenal Microsoft word 2007
Microsoft word merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk pengetikan naskah, dokumen, buku, atau surat menyurat. Pada Ms. Word 2007 terdapat perbedaaan dengan Ms word versi sebelumnya dalam masalah tampilan. Dan ada beberapa tambahan fasilitas yang mempermudah pekerjaan user dalam mengolah kata.
  1. Cara mengaktifkan Ms word 2007
  1. Klik tombol Start, all program hingga muncul menu-menu
  2. Kemudian pilih Microsoft Office
  3. Selanjutnya pilih dan klik Microsoft word.
  1. Menggunakan Microsoft Word 2007
Sebelum kita melakukan pengetikan di Ms word alangkah lebih baiknya mengatur ukuran kertas, orientasi kertas, margin, spacing, header and footer.
Untuk pengaturan kertas dapat dilakukan di menu page layout. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut:
  1. Pilih dan klik menu Page layout
  2. Kemudian kita plilih page setup dengan mengklik tanda panah kebawah di sebelah kanan page setup
  3. Untuk pengaturan batas halamann kita pilih Margin
  4. Selanjutnya isikan batas halaman yang di inginkan sesuai kebutuhan, untuk karya ilmiah biasanya menggunakan batas wilayah sebagi berikut :
  1. Top : 4 cm d. Bottom : 3 cm
  2. Left : 4 cm e. Right : 3 cm
  1. Untuk pemilihan orientasi kertas, dapat dilakukan dengan memilih orientasi Portrait untuk kertas yang berbentuk vertical dan orientasi Landscape untuk kertas yang berbentuk horizontal.
  2. Untuk mengatur ukuran kertas, pilih sub menu paper. Di dalam sub menu paper terdapat menu paper size yang menyediakan berbagai macam ukuran kertas.
  3. Selanjutnya untuk mengakhiri pengaturan jangan lupa untuk mengklik ok.
  1. Membuat Header dan Footer
Header adalah berupa teks, gambar, atau objek lain, yang tempatnya di atas naskah, sedangkan Footer dibawah naskah, yang akan aktif tercetak pada setiap halaman walaupun penulisannya hanya pada halaman pertama saja. Caranya pada Tab Insert, group Header & Footer, pilih salah satu (antara header dan footer) maka akan ditampilkan beberapa pilihan.
  1. Membuat tabel
  1. Pilih menu Insert
  2. Kemudian pilih Table, untuk membuat tabel pilih insert table atau draw table
  3. pada insert tabel, terdapat table size ( number of columns, number of rows)
  4. untuk banyaknya kolom dapat diisikan di pilihan number of columns, untuk banyaknya baris dapat diisikan di pilihan number of rows.
  1. Menyisipkan Footnote ( catatan kaki)
  1. Pilih menu References
  2. Pilih insert footnote, maka footenote akan muncul dengan sendirinya.
  1. Penyimpanan file
Setelah kita selesai melakukan pekerjaan kita di Ms word, langkah terakhir jika ingin data kita tidak hilang maka kita lakukan penyimpanan file. Adapun caranya sebagi berikut :
  1. Pilih office botton
  2. Pilih save atau save as
  3. Jika memilih save maka file akan otomatis tersimpan di document
  4. Jika memilih save as, kita dapat memilih lokasi penyimpanan yang akan kita jadikan sebagai temapat penyimpanan file kita.
  5. Untuk mengakhiri proses ini klik OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar